Cara Display Barang Dagangan di Minimarket

Jangan anggap remeh mengenai display barang dagangan atau menata barang dagangan, lihat betapa rapinya supermall, supermaket atau minimarket yang telah dikelola secara profesional. Penempatan barang dagangan di rak toko / minimarket sangat mempengaruhi minat konsumen dalam berbelanja. Pernahkah kita telah mempunyai rencana barang-barang yang kita catat dari rumah dan setelah sampai di mall atau supermarket kita berbelanja barang lain yag tidak ada dalam daftar belanja kita ?, hal itu membuktikan bahwa keputusan membeli barang diluar perencanaan kita ambil saat melihat barang yang didisplay dengan apik di dalam toko / minimarket.  hal ini dapat kita simpulkan bahwa display barang sangat mempengaruhi volume penjualan.

rak minimarket murah

Display barang dagangan yang dimaksud adalah tidak hanya menyusun barang di rak display agar terlihat rapi, tetapi juga terdapat teknik-teknik khusus. Penataan barang dilakukan dengan mengelompokkan jenis barang sesuai dengan minat konsumen (taste) dengan tetap memperhatikan keindahan, keamanan, dan kemudahan baik untuk konsumen maupun penjaga toko.

Syarat penting yang harus dipenuhi dalam melakukan display barang dagangan antara lain :

  • Keindahan
    Tatanan barang yang rapi dan bersih di rak dengan desain unik merupakan hal dasar untuk menciptakan keindahan toko. Selain itu kerapihan dan kebersihan toko dapat menarik perhatian konsumen untuk mendekati barang display dan betah berlama-lama di toko anda, pada akhirnya tertarik untuk membeli lebih banyak barang.
  • Kemudahan mencari
    Semakin banyak barang yang dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen maka semakin banyak pula kemungkinan barang yang akan dibeli oleh konsumen. Salah satu cara untuk memudahkan pembeli adalah penataan barang sesuai dengan kelompoknya, serta adanya petunjuk barang yang biasanya digantung di atas rak gondola. Selain itu pemasangan label harga haruslah mudah terlihat misalnya dengan menempelnya di bagian depan / luar.
  • Kemudahan menjangkau
    Pada umumnya konsumen minimarket adalah para wanita dengan tinggi badan rata-rata 155cm, sehingga  ketinggian rak gondola dan penataan barang harus disesuaikan. Barang kebutuhan sehari-hari dengan intensitas penjualan lebih besar harus diletakkan di tempat yang paling mudah dijangkau.
  • Keamanan
    Faktor keamanan harus diperhatikan dalam mendisplay barang sebagai contoh, kelompok makanan tidak diletakkan bersebelahan dengan kelompok home care. Barang yang mudah pecah / elektronik sebaiknya tidak diletakan di pinggir sehingga beresiko tersenggol konsumen. Sebaiknya tidak menumpuk barang terlalu tinggi di rak sehingga menghidari barang ambruk saat diambil. Serta memilih rak toko / rak display anda dengan kualitas bahan yang baik dan sesuai standart

Selain syarat display barang diatas yang harus dipenuhi, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Dilakukan pengelompokan barang sesuai dengan minat konsumen (taste). Pengelompokan barang pada umumnya terbagi menjadi makanan & minuman, obat-obatan, cemilan dan makanan kecil, perawatan tubuh, home care, dan elektronik.
  • Jumlah barang yang didisplay disesuaikan dengan proporsional daya jual barang tersebut.
  • Menata apik barang dagangan dalam rak gondola toko dengan desain unik dengan memperhatikan bentuk dan warna kemasan barang agar tercipta keindahan display toko.
  • Pemajangan barang dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa (expired date) sehingga mudah untuk dilakukan pengecekan.
  • Menggunakan price card yang menunjukkan data barang. Price card berisi nama barang, kode barang, suplier, harga, jumlah stok dll

Setelah tahu efek dari display atau penataan barang ini apakah kita masih mengabaikan dan berpendapat, Begini saja laku.?. Buang jauh-jauh pendapat kuno itu, jangan beranggapan Begini saja laku, ya saat ini anda laku karena saingan yang lebih modern belum muncul. bagaimana jika mereka muncul di sekitar kita dan kita baru tergopoh-gopoh untuk berbenah.? Terlambat..!

Hubungi kami akan kami bantu bagaimana cara yang tepat dalam menata barang sesuai dengan bentuk ruangan kita, posisi pintu toko kita, posisi kasir kita dan lain-lian.

qday

2 Respon

  1. Mizan berkata:

    Betul sekali, penataan produk bukan hanya memperindah pemandangan minimarket saja tapi mempermudah pengunjung dalam mencari barang yang diinginkan. Bahkan jika ditata dengan lebih baik lagi, pengunjung bisa membeli barang diluar tujuan utama pembeliannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Hubungi kami via Whatsapp
Call Now Button