Menentukan jumlah stok ideal untuk minimarket

Menentukan jumlah stok ideal, apakah stok barang tertentu di minimarket anda saat ini kehabisan ? atau malah terlalu berlebihan ?

Jika jawabannya adalah YA, ada yang kehabisan sebelum pengiriman datang lagi dan YA, barang tertentu sangat berlebihan di gudang hingga hampir kedaluarsa atau harus return.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka buatlah laporan evaluasi barang, dimana evaluasi tersebut dapat kita buat pertanggal sekian sampai sekian, sehingga kita bisa mengukur berapa jumlah terjual pada periode tersebut dan berapa sisa stok saat ini ? (dalam software inventory yang saya buat sudah ada laporan ini)

Prinsip kerjanya bagaimana agar stock tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan ?

  • Buatlah laporan evaluasi barang pada periode tertentu, berapa jumlah penjualannya, returnya, rusaknya, hilangnya, privenya lalu sisanya berapa ?
  • Bandingkan jumlah penjualan+rusak+return+prive+hilang dengan sisa stock
  • Jumlah sisa stok saat itu tidak boleh lebih dari 3x dari jumlah barang keluar (penjualan+rusak+return+prive+hilang)
  • Jumlah stock tidak boleh kurang dari 1x dari jumlah barang keluar (penjualan+rusak+return+prive+hilang)

Sederhana bukan ?

Iya sangat sederhana, mengapa membuat patokan stok seperti itu ?, dengan adanya evaluasi dan kita menentukan jumlah stock barang tidak boleh lebih dari 3x barang yang keluar, agar stok kita tidak berlebihan, dengan tidak berlebihan maka baget atau anggaran bisa kita pakai untuk membeli barang lain. Sementara mengapa tidak boleh kurang dari 1x dari barang keluar ? karena jika ada keterlambatan pengiriman maka setidaknya kita masih ada stok untuk di jual dalam satu periode pengiriman. Apakah tidak berlebihan hingga 3x dari jumlah yang keluar ? tentu saja tidak, karena untuk mengatisipasi adanya lonjakan pembelian atau sistem borong karena kita ada promo.

Tentu hak tersebut tidak berlaku pada saat-saat tertentu, misalnya pada saat Idul Fitri, stock barang tertentu harus berpuluh kali lebih banyak, atau mungkin pas event event tertentu kita juga harus menimbun stok yang lebih banyak.

Jangan mudah tergoda dengan bonus yang diberikan oleh suplier, biasanya suplier melakukan “iming-iming” promo, jika pembelianmencapai sekian juta, maka akan mendapatkan potongan sekian persen, jika pembelian sampai sekian juta akan mendapat bonus langsung sekian karton, bahkan ada juag yang jika mencapai sekian juta akan mendapatkan sepeda motor dll. Itu adalah trik suplier atau distributor agar mereka mencapai target tampa memikirkan kita nanti bisa menjual habis atau tidak.

Boleh kita ambil promo dari suplier atau distributor tetapi kita juga harus mengukur kemampuan kita dalam menjual. Jika tidak maka kerugian kita menanti. kita mendapatkan harga sedikit lebih murah akan tetapi barang kita tidak bisa menjual, akhirnya pada kedaluarso, atau rusak.

Kita harus pandai-pandai dalam menentukan jumlah stok ideal untuk usaha retail kita,pengawasan di gudang, toko harus dilakukan dengan jeli, lakukan stock opnam secara teratur supaya Qty fisik dengan Qty catatan kita sama, atau setidaknya tidak terlalu geser banyak.

qday

rak minimarket murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button
Open chat
Silahkan Hubungi kami via Whatsapp