Pembelajaran dari Pencil

Dari pensil kita bisa belajar kehidupan. Pensil memiliki lima kualitas yang jika kita terapkan dalam kehidupan maka akan menjadi “5 kualitas kehidupan” yang sangat baik.

  1. Pensil tidak akan bisa menghasilkan tulisan yang indah, gambar yang bagus atau bahkan menghasilkan tulisan jelek atau gambar jelek tanpa da tangan yang menggerakkannya. Pembelajaran yang bisa kita ambil adalah Apapun yang kita perbuaat, jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan. Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendak-Nya”, maka untuk apa kita bersombong-sombong ?.
  2. Proses menulis, kita kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali si pensil. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kita, dalam hidup ini kita harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, berani selalu belajar dan menerima ilmu dari orang-orang yang berpengalaman, karena merekalah yang akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik.
  3. Pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dalam hidup bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar. Jangan takut dikritik, jangan takut minta maaf jika salah karena dengan begitu kita akan selalu menjadi pribadi yang baik.
  4. Bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, hendaknya kita selalu hati-hati dan menyadari hal-hal di dalam diri kita. Orang lain akan menilai kita baik atau buruk dari apa yang kita perbuat dengan tulus atau tidak, dengan kesederhanaan atau dengan kesombongan.
  5. Sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Seperti juga kita, kita harus sadar bahwa apapun yang kita perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu selalulah hati-hati dan sadar terhadap semua tindakan. Berbuatlah baik, hormatilah orang lain supaya kita meninggalkan goresan yang baik.

Nah.. mari kita selalu instrospeksi diri dan ambil hikmah dari sebuah pensil..

By. Qday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button
Open chat
Silahkan Hubungi kami via Whatsapp